Jumat, 28 Maret 2014

Membuat Game Pada Flash CS


Game For Flash


Objek-objek yang kita perlukan untuk tutorial ini adalah tombol dan 2 buah gambar yang berbeda untuk masing-masing halaman. Untuk membuatnya buka aplikasi Adobe Flash CS 3 ke-atas (saat tutorial ini ditulis versi terbaru adalah Adobe Flash CS 6, akan tetapi saya menggunakan Adobe CS 5). Kemudian ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Buatlah sebuah file baru dengan memilih menu File > New . Pada dialog New Document pilih opsiActionScript 3.0

    interactive multi media by wandah_w
  2. Pada panel Properties yang secara default terletak di sebelah kanan, atur ukuran aplikasi ini menjadi 800 x 600 pixel dan 30 FPS (FPS adalah jumlah frame per detik, yang digunakan untuk menentukan kecepatan dari animasi atau kode pada aplikasi. Secara standart FPS yang optimal adalah 30 FPS, sesuai dengan kecepatan mata manusia dalam menangkap gambar per detik)

    interactive multi media by wandah_w
  3. Untuk membuat tombol, buatlah sebuah bentuk kotak dengan menggunakan rectangle tool (pada panel Toolsdi sebelah kiri), atur warna Stroke (garis tepi) dan Fill (warna isi). Selain itu anda juga dapat membuat bentuk kotak dengan sudut bulat dengan mengatur opsi Rectangle Corner Radius (pada panel Properties di sebelah kanan). Klik dan drag di Stage (layar) sampai mendapatkan ukuran yang anda kehendaki.

    interactive multi media by wandah_w
  4. Untuk menambahkan text pada tombol, gunakan Text Tool. Klik Text Tool kemudian perhatikan panelProperties. Pada panel tersebut pilihlah opsi Classic TextStatic Text, dan lakukan pengaturan jenis huruf. Setelah itu anda dapat menuliskan teks "Tombol 1" di atas kotak yang sudah dibuat pada langkah 3.

    interactive multi media by wandah_w
  5. Untuk menjadikan kotak dan teks tersebut sebagai tombol, seleksi kotak dan text tersebut, kemudian pilih menu Modify > Convert to Symbol. Pada dialog Convert to Symbol ketikan "Tombol 1" pada kolom name dan pilih type Button, lalu klik tombol OK

    interactive multi media by wandah_w
  6. Dengan cara yang sama buatlah "Tombol 2" dan letakkan di samping tombol 1
  7. Karena kita memiliki 2 halaman, maka kita membutuhkan setidaknya 2 frame, untuk itu klik kanan frame 2 layer 1, kemudian pilih menu insert frame

    interactive multi media by wandah_w
  8. Buatlah 2 buah layer baru, dengan cara menekan tombol New Layer, kemudian ubah namanya (dengan double klik nama layer), menjadi layer Kode, Tombol, dan Konten. Atur posisinya dimana layer Kode berada paling atas, Layer tombol tempat "Tombol 1" dan "Tombol 2" berada di tengah, dan layer "Konten" berada di bawah.

    interactive multi media by wandah_w
  9. Untuk menambahkan konten, klik frame 1 layer konten, kemudian pilih menu File > Import > Import to Stage, kemudian pilihlah file gambar pertama. Klik OK dan gambar tadi akan tampak pada Stage, atur ukuran dan posisinya menggunakan Panel Properties

    interactive multi media by wandah_w
  10. Untuk menambahkan konten halaman 2, klik kanan frame 2 layer konten, kemudian pilih menu Insert Blank KeyFrame, kemudian import gambar ke 2 dengan cara yang sama dengan langkah sebelumnya. Atur ukuran dan posisinya menggunakan Panel Properties

    interactive multi media by wandah_w
  11. Langkah tahapan membuat objek selesai sampai disini. Simpan file dengan menekan tombol Ctrl+S


Setelah objek dibuat, tahapan selanjutnya adalah menambahkan nama pada masing-masing objek yang akan diakses oleh script. Dalam kasus ini yang akan diberikan kode adalah "Tombol 1" dan "Tombol 2". Ikuti langkah-langkah berikut untuk menambahkan nama pada objek tombol :

  1. Klik tombol 1, kemudian pada panel properties ketikan "tombol_1" pada kolom instance name.

    interactive multi media by wandah_w
  2. Dengan cara yang sama, klik tombol 2, kemudian pada panel properties ketikan "tombol_2" pada kolominstance name.


Setelah pemberian nama, tahapan selanjutnya adalah menambahkan kode. Perlu diketahui bahwa kode AS 3 tidak lagi dapat diketikan pada objek movieclip maupun button. AS 3 hanya bisa diketikan di frame dan di file actionscript. Untuk menambahkan kode lakukan langkah berikut :
  1. Klik frame 1 layer kode, kemudian buka panel action.(Tekan F9 apabila panel belum aktif. Kemudian matikan tombol Script assist untuk mempermudah proses penulisan kode.

    interactive multi media by wandah_w
  2. Selanjutnya ketikan kode berikut :
  1. import flash.events.MouseEvent;
  2.  
  3. stop(); //menghentikan frame agar tidak berulang terus menerus
  4. //menambahkan listener click
  5. tombol_1.addEventListener(MouseEvent.CLICK, klik_tombol);
  6. tombol_2.addEventListener(MouseEvent.CLICK, klik_tombol);
  7.  
  8. //fungsi klik_tombol
  9. function klik_tombol(e:MouseEvent):void{
  10. var nama_tombol:String = e.currentTarget.name;
  11. if (nama_tombol == "tombol_1"){
  12. gotoAndStop(1); // ke frame 1 jika tombol_1 ditekan
  13. }
  14. if (nama_tombol == "tombol_2"){
  15. gotoAndStop(2); // ke frame 2 jika tombol_1 ditekan
  16. }
  17. }

  1. Simpan file, kemudian jalankan dengan menekan tombol Ctrl+Enter
SELAMAT MENCOBA YA, ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

older posts http://2.bp.blogspot.com/-rRrfDnAo8Sk/Ubwmx1iZwVI/AAAAAAAABFo/DFxWbEP_tN0/s1600/home+4.png